4 Manfaat Konsumsi Gula Manis untuk Kesehatan

Gula memang menjadi salah satu bahan pemanis yang bisa kita temui di berbagai jenis makanan dan minuman. Beberapa contohnya seperti di kopi susu, teh manis, susu coklat, puding, kue, sampai bolu. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata, gula manis memiliki fungsi lebih dari sekadar pemberi rasa manis, melainkan juga bisa memberikan 4 manfaat kesehatan berikut ini!

1. Menjadi sumber energi

Pada masa lalu, gula merupakan salah satu bahan makanan yang kerap dibawa sebagai bekal untuk perjalanan jauh. Biasanya, jenis gula yang dibawa merupakan gula merah alias gula jawa. Jadi, ketika merasa lelah sebelum sampai ke tempat tujuan, seseorang bisa terlebih dahulu mengonsumsi gula jawa layaknya mengonsumsi permen. Hal ini tentunya sesuai dengan penelitian yang menyebutkan bahwa gula memiliki kemampuan yang bisa mengubahnya menjadi glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Membantu mencegah pingsan

Penderita darah rendah maupun pasien yang memiliki masalah pada darah akan sangat terbantu oleh kehadiran gula. Soalnya, mereka disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan gula. Jadi, makanan tersebut sebaiknya selalu dibawa, bahkan disimpan di saku celana untuk memudahkan mereka mengambilnya. Apabila tiba-tiba merasa lemas dan ingin pingsan, mereka bisa memanfaatkan makanan manis tersebut untuk kembali segar.

3. Mencegah luka bertambah parah

Tahukah kamu? Berdasarkan kepercayaan Afrika, gula bisa kita manfaatkan untuk mencegah agar luka tidak semakin parah. Untuk melakukannya, kita cukup menaburkan gula pada daerah tubuh yang luka. Selain gula, biasanya masyarakat Afrika juga menggunakan madu untuk mempercepat pengeringan darah sekaligus mencegah terjadinya infeksi. Pasalnya, melalui adanya gula, cairan darah bisa lebih cepat mengental dan mencegah munculnya pertumbuhan bakteri.

4. Menurunkan tingkat stress

Apakah kamu pernah menyadari bahwa biasanya coklat dikonsumsi untuk menenangkan pikiran? Hal ini bukanlah tanpa sebab, melainkan dikarenakan adanya hubungan antara manfaat coklat dan gula yang sama-sama dapat memberikan rasa nyaman di otak dan menurunkan tingkat stress. Namun, bukan berarti kita bisa secara bebas ya mengonsumsi gula. Tetap harus ada takaran supaya konsumsinya tetap dalam batas wajar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.