5 Kebiasaan Minum Kopi yang Bisa Menambah Berat Badan, Salah Waktu!

Setiap tanggal 1 Oktober, kita memperingati Hari Kopi Sedunia. Namun, bukan berarti di hari tersebut kita jadi minum kopi berlebihan, ya. Tak dimungkiri ada banyak manfaat kopi, tetapi di sisi lain ada kebiasaan minum kopi yang salah sehingga bisa menambah berat badan Kawan Puan, lho. Maka dari itu, untuk mendapatkan manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, kamu perlu mengonsumsi kopi dengancara, takaran, dan waktu yang pas.

Pasalnya, melansir , kopi merupakan sumber zat antioksidan yang baik. Zat itulah yang melindungi sel sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas. Sayangnya, jika Kawan Puan tidak bijak dalam mengonsumsinya, makakebiasaan minum kopimu justru membuat berat badanmu bertambah. Kali ini, PARAPUAN telah merangkum apa saja penyebab dan kebiasaan tersebut agar Kawan Puan bisa menghindari dan tidak melakukannya lagi.

Sebagian orang tidak suka dengan kopi hitam, maka itu mereka menambahkan susu dan krimer. Namun, jika Kawan Puan salah satunya, kamu harus memperhatikan seberapa banyak kamu menambhkan susu dan krimer ke dalam kopimu. Pasalnya, salah satu kebiasaan minum kopi yang bisa menambah berat badan ialah menambahkan kedua bahan tersebut terlalu banyak.

Dewan ahli medis dan penulis buku "Slimdown with Smoothies", Laura Burak, MS, RD. bilang, "Krimer kopi dapat menambahkan lebih banyak gula, kalori, dan lemak ke dalam secangkir kopi." Maka itu, Laura menyarankan, "Penting untuk membatasi jumlah krimer yang kita gunakan atau mencari krimer dengan lebih sedikit gula dan lemak." Ahli dietAmelia Brown, RD. mengatakan, "Jika minum kopi dalam kondisi perut kosong, maka gula dalam kopi akan masuk ke aliran darah lebih cepat dan memberikan efek buruk pada tubuh."

Dengan begitu, gula akan diserap tubuh, sehingga tak pelak hal ini menjadisalah satu alasan mengapa minum kopi bisa menambah berat badan. Tidak hanya itu,mengonsumsi terlalu banyak gula di pagi hari dalam perut kosong dapat memengaruhi kebiasaan makan kita. "Penyerapan gula juga menyebabkan keinginan makan yang tidak sehat dan dapat membuat kita makan berlebihan, sehingga menambah berat badan kita" terang Amelia.

Apakah Kawan Puan termasuk orang yang lebih suka dan terbiasa mengonsumsi kopi di pagi hari? Jika iya, ingatlah bahwa kopi tersebut bukanlah pengganti sarapan apalagi makan siang. Kopi tidaklah cukup untuk kebutuhan gizimu dan hal itu bisa berdampak negatif. Pasalnya, salah satu alasanmengapa minum kopi bisa menambah berat badan karena minumam tersebut berkalori tinggi dan manis tapi tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

Melansir , kopi justru dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh melonjak, sehingga meningkatkan keinginan untuk makan di kemudian hari. Secangkir kopi hangat di malam hari dapat mengganggu tidur kamu karena kandungan kafeinnya. Lantas, kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi berat badan karena meningkatkan hormon yang membuat kita merasa lapar dan mengurangi hormon yang membuat kita kenyang.

Bukan kopi yang punya kontribusi besar untuk menambah berat badanmu, melainkan tambahan lainnya, mulai dari krimer, susu, gula, sirup, hingga topping minumanmu. Seperti yang kita tahu,"Vanilla latte, mocha, dan minuman kopi lainnya mengandung banyak gula tambahan," kata ahli diet berlisensi, Diana Gariglio Clelland RD, BSc. Gula tambahan ini menyumbang kalori kosong yang menyebabkan penambahan berat badan dan mengganggu keseimbangan gula darah, sehingga memicu keinginan mengonsumsi gula lagi.

"Banyak orang lebih suka rasa manis daripada pahitnya kopi, jadi mereka menambahkan gula, terkadang sampai mengubah rasa kopi," ungkapLaura. Kebiasaan ngopi seperti itu dapat menambah jumlah gula dan kalori yang signifikan dalam tubuh. Nah, itulah beberapapenyebab kopi bisa menambah berat badan Kawan Puan, mulai dari terlalu manis hingga meminumnya di waktu yang tidak tepat. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.