Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Salah satu aset crypto paling fenomenal iakah bitcoin. Aset yang pernah berada di angka hampir satu miliar ini cukup digilai. Namun, sebenarnya apa itu bitcoin dan bagaimana kinerjanya?

Apa itu Bitcoin: Aset Crypto yang Paling Fenomenal 

Bitcoin (BTC) sendiri merupakan mata uang crypto pertama yang hadir dan paling fenomenal. Menilik dari historynya, bitcoin terus melonjak naik dari waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat bitcoin begitu banyak diburu. 

Bitcoin disebut-sebut juga sebagai mata uang terdesentralisasi. Aset ini dibuat sekitar Januari 2009 silam. Penemu bitcoin ini dikabarkan memiliki nama alias yakni Sathosi Nakamoto.

Koin ini kabarnya menawarkan janji biaya transaksi lebih ringan, ketimbang pembayaran konvensional lain. Bitcoin juga mampu dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi pula.

Kendati tidak berwujud secara fisik, namun bitcoin adalah alat pembayaran secara sah. Bahkan, dengan adanya bitcoin mampu memicu luncuran ratusan aset crypto lain. Yang mana bersifat kolektif dan disebut altcoin. Anda bisa menemukan BTC ini untuk diperdagangkan dalam market crypto. 

Salah satu layanan yang menerima BTC sebagai alat pembayaran ialah PayPal. Bahkan, BTC bisa dipakai untuk membayar pembelian mobil Tesla. Dengan demikian, jelaslah jika Bitcoin adalah aset yang sangat berharga. 

Bagaimana Cara Kerja BTC?

Menurut beragam sumber, bitcoin adalah file komputer yang disimpan pada aplikasi berwujud wallet digital. Wallet atau dompet digital ini ada pada komputer serta Smartphone.

Para pemilik aset ini dapat bertransaksi melalui pengiriman uang digital lewat wallet. Kemudian, setiap transaksi bitcoin ini bakal dicatat pada blockchain sebagai daftar publik.

Kenapa demikian? 

Sistem ini disebutkan akan memudahkan pelacakan riwayat aset bitcoin. Sehingga dapat mencegah seseorang yang ingin mentransaksikan koin yang sebenarnya tidak dimiliki. Termasuk membuat salinan hingga membatalkan transaksi.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bitcoin bisa dengan tiga cara berikut;

  • Membeli bitcoin dengan memakai uang nyata
  • Menambang bitcoin dengan komputer
  • Menjual barang serta menerima pembayaran dengan memakai bitcoin. 

Dari penjelasan apa itu bitcoin, tentunya layanan keuangan mengalami kemajuan yang cukup pesat. Sehingga lebih memudahkan para pengguna untuk melakoninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.