Cara Mudah Mengatasi Sakit Perut

Mengatasi sakit perut bisa dilakukan dengan berbagai cara rumahan baik mengkonsumsi air putih atau minum air kelapa segar. Itu adalah hal yang mudah karena hampir setiap orang pernah mengalami sakit perut dan kondisi ini menyebabkan nyeri dari dalam perut atau dinding atau bagian luar.

Apa saja cara mudah mengatasi sakit perut?

1. Hindari Berbaring

Sakit perut bisa hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa menit karena anda bisa menunggu. Terutama ketika anda menghadapi diary yang bisa disebabkan karena keracunan makanan tentu anda harus membiarkan tubuh anda memerah dengan sendirinya.

Adapun ketika tubuh berada dalam posisi horizontal pasti asam di dalam perut lebih mudah untuk bergerak mundur dan ke atas. Hal yang satu itu bisa menyebabkan mulas dan orang yang mengalami sakit perut harus menghindari berbaring atau tidur selama beberapa jam.

Apabila Anda harus berbaring maka anda bisa mencoba untuk menopang kepala dan dada bagian atas dengan bantal. Karena ketika sakit perut tidak baik saat menunggu rasa sakitnya hilang atau berkah dengan berbaring maka anda bisa mencoba posisi ideal yakni sudut 30 derajat.

Tubuh membutuhkan air putih untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan serta minuman secara efisien. Hal ini karena dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif dan meningkatkan kemungkinan sakit perut semakin besar.

Karena hal ini tentu HMD rekomendasikan agar wanita mengkonsumsi air putih sekitar 2 sampai 3 liter per harinya. Sementara seorang pria harus mengkonsumsi lebih banyak dari seorang wanita yakni sekitar 3,7 liter per harinya.

 

2. Minum Jahe

Jahe adalah rempah yang dikenal mempunyai segudang khasiat karena bisa dijadikan sebagai cara mengatasi sakit perut dan gangguan pencernaan. Mengandung bahan kimia yang disebut sebagai gingerol dan bisa membantu mempercepat kontraksi yang ada di dalam perut.

Bahan kimia dalam jahe juga bisa membantu untuk mengurangi mual dan muntah serta diare. Adapun cara mengatasi sakit perut tentu bisa dilakukan dengan mandi air hangat dan cara yang satu ini bisa menghancurkan otot yang tegang dan meredakan gangguan pencernaan.

 

3. Daun Mint

Mentol yang terdapat dalam mint tentu bisa membantu meredakan dan mencegah muntah serta kejang otot di perut. Daun mint baik mentah atau matang cocok untuk dikonsumsi karena secara tradisional sering direbus dengan kapulaga untuk dijadikan teh.

Daun mint juga bisa dijadikan bubuk atau jus daun mint yang dicampurkan dengan teh serta makanan lain. Jika sakit perut yang dirasakan semakin parah maka anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri karena biasanya pada wanita disebabkan karena hormon.

Ketika sakit tersebut akibat kram perut saat menstruasi maka anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk meredakan rasa nyeri haid. Walau perlu diingat maka ada baiknya tidak mengkonsumsi kedua obat nyeri secara bersamaan apabila mempunyai masalah ginjal dan asma.

Merokok tentu bisa mengiritasi tenggorokan dan merupakan salah satu penyebab sakit perut. Oleh karenanya terdapat cara mudah mengatasi sakit perut yakni dengan tidak merokok dan minum alkohol. Dengan merokok tentu akan meningkatkan kemungkinan sakit perut yang diderita.

Apabila orang tersebut muntah maka merokok lebih bisa mengatasi jaringan lunak yang telah sakit akibat asam lambung. Selain itu alkohol juga sudah dicerna dan bisa menyebabkan kerusakan pada hati dan lapisan perut anda.

Cara mudah mengatasi sakit perut bisa dilakukan dengan cara tradisional yang sering dipraktekkan oleh orang zaman dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.