Polri Kirim 4 Kapal dan ROV, Bantu Pencarian KRI Nanggala 402

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan Polri mengirimkan empat kapalnya untuk membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak saat latihan di Perairan Bali sejak Rabu (21/4/2021). Riad menyebutkan empat kapal tersebut di antaranya KP Gelatik, KP Enggang, KP Barata, dan KP Balam. Selain kapal kapal tersebut, kata dia, Polri juga mengirimkan Remotely Operated Vehicle (ROV).

"Kemudian kita juga mendapat perbantuan dari kepolisian sebanyak empat kapal. Jadi kapal Gelatik, Enggang, Barata, dan Balam. Di mana kapal kapal kepolisian ini juga dilengkapi dengan ROV atau unit drone termasuk memiliki alat berkemampuan sonar dua dimensi," kata Riad saat konferensi pers sebagaimana ditayangkan di kanal Youtube Kompas TV pada Jumat (23/4/2021). Sebelumnya Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya mengirimkan kapal kapal dari NTT, Bali dan Jawa Timur. Ia juga mengatakan pihaknya akan mengirimkan alat robotik yang bisa diturunkan ke bawah air untuk kedalaman 300 meter dan juga sonar yang bisa menembak kurang lebih 1 km.

"Mudah mudahan ini juga bisa membantu untuk mempercepat pencarian terkait dengan kondisi terakhir dari kapal Nanggala yang saat ini masih terus dipastikan feedback akhir atau titik kepastian untuk ditemukan," kata Listyo saat konferensi pers pada Kamis (22/4/2021) kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.