TNI Kirim 176 Nakes Tambahan ke 3 Tempat di Jakarta, Mulai Dokter Umum hingga Apoteker

Sebanyak 176 personel Tenaga Kesehatan (Nakes) dari siswa Perwira Prajurit Karir (Pa PK) Angkatan 28 Reguler dan siswa Kursus Tenaga Kesehatan (Susgakes) Angkatan 28B TA 2021 dari Akademi Militer (Akmil) Magelang tiba Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin (28/6/2021). Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto mengatakan kedatangan Perwira siswa tersebut merupakan tambahan Nakes untuk ditugaskan di Jakarta khususnya di Wisma Atlet, tempat isolasi Khusus Orang Tanpa Gejala (OTG) Rusun Nagrak, dan Rusun Pasar Rumput. "Seperti yang disampaikan Panglima TNI dihadapan para dokter saat melaksanakan sidak di Rusun Nagrak Minggu (27/6/2021), bahwa TNI dan polri akan segera mengirim tenaga kesehatan tambahan, di mana nantinya para nakes akan dibagi ke tiga tempat yaitu Wisma Atlet, Rusun Nagrak, dan Rusunawa Pasar Rumput," kata Edys dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Senin (28/6/2021).

Tenaga kesehatan yang dikirim ke Jakarta terdiri dari berbagai latar belakang. Mereka di antaranya 120 orang dokter umum, 20 orang dokter gigi, 8 orang keperawatan, 12 orang farmasi apoteker, 4 orang fisioterapi, 2 orang radiologi, 1 orang kesehatan lingkungan, 4 orang gizi, 1 orang elektro medis, 1 orang perawat gigi, 2 orang analisa medis, dan 1 orang rekam medis. "Sebelum diberangkatkan menuju Lanud Halim Perdanakusuma, seluruh siswa melaksanakan tes swab antigen terlebih dahulu di Akmil Magelang untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi yang bagus dan tidak terindikasi virus Covid 19," kata Edys.

Para nakes diberangkatkan menggunakan dua pesawat Hercules A 1328 dan A 1335 milik TNI AU dari Lanud Adi Sucipto Yogyakarta menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.